Inovasi Honda untuk
mengembangkan mesin dengan tingkat efisiensi bahan bakar yang tinggi
serta ramah lingkungan terwujud lewat teknologi mesin diesel yang diberi
nama i-DTEC. Teknologi mesin ini pertama kali diperkenalkan kepada
publik pada tahun 2007 di acara 40th Tokyo Motor Show di Tokyo, Jepang
dan juga Frankfurt Motor Show di Jerman.
Mesin i-DTEC memenuhi standar emisi EURO 5 dan juga mempunyai keunggulan karena memiliki catalytic converter
yang tidak dimiliki oleh varian mesin lainnya. Catalyc converter ini
kemudian membantu mereduksi Nitrogen oksida (NOx) pada sistem saluran
pembuangan (exhaust) pada temperature 200 hingga 300 derajat Celcius,
yaitu suhu rata-rata pembakaran sebuah mesin diesel pada umumnya.
Mesin i-DTEC
Setelah
diperkenalkan pada ajang tersebut, mesin i-DTEC pertama kali digunakan
pada Honda Accord Euro dan Honda Accord Tourer keluaran tahun 2008 yang
mengusung mesin diesel 2200 cc (2,2 liter). Honda Accord Euro dan Accord
Tourer dipasarkan di kawasan Eropa, Afrika, dan Jepang.
Brand
premium ACURA juga mulai mengadopsi teknologi mesin diesel Honda ini
pada tahun 2009 dimana ACURA TSX i-DTEC untuk pertama kalinya
diperkenalkan pada ajang North American International Motor Show 2009.
Pada tahun 2010, setelah Accord Euro & Accord Tourer, Sports Utility Vehicle
(SUV) Honda CR-V mengikuti jejak dua model Honda Accord di atas dengan
menggunakan mesin i-DTEC berkapasitas 2,2 liter. Honda CR-V i-DTEC baru
dipasarkan di Eropa dan Afrika saja.
New Honda Accord Euro 2,2 l i-DTEC
Di tahun 2011, model facelift
dari Honda Accord Euro dan Accord Tourer kembali menggunakan mesin
i-DTEC Honda dan diperkenalkan pada ajang 81st Geneva International
Motor Show di Geneva, Swiss. Pada tahun 2012 mendatang, salah satu model
Honda Civic akan menggunakan mesin i-DTEC tersebut.
Sumber: http://www.greencarcongress.com/2007/09/honda-displays-.html
Selasa, 20 Maret 2012
Teknologi Mesin i-DTEC Honda
Post Author
Pakai kode disamping emoticon, terus tambahkan satu spasi sob..
:j :k :l :m :n :o :p :q :r
:s :t :u :v :w :x :y :z :ab
0 Comments