Kamis, 29 Maret 2012

Kotoran Gajah Bisa Jadi Sumber Energi Kendaraan

Bila biasanya kotoran hewan hanya dijadikan pupuk untuk tanaman, sebuah kebun binatang di Denver, Amerika Serikat berhasil membuat kotoran hewan menjadi lebih berguna yakni menjadi sumber energi untuk menggerakkan kendaraan.


Kotoran hewan di kebun binatang itu memang tidaklah sedikit. Tiap hari ada berton-ton kotoran hewan yang terbuang percuma. Karena itulah, pengelola kebun binatang ini pun mencari cara untuk memanfaatkannya.

Untuk permulaan, para teknisi mencoba merubah 20 becak motor Thailand atau yang biasa disebut Tuk-tuk agar bisa memanfaatkan kotoran hewan yang dipadatkan ini untuk menjadi energi. Kotoran itu diambil dari berbagai macam hewan dengan sumbangan terbanyak diberikan oleh gajah.

Awalnya, sama seperti pemanfaatan kotoran hewan untuk keperluan listrik rumah. Pertama-tama, kotoran hewan ini akan diolah agar bisa menghasilkan gas. Nah, gas inilah yang akhirnya nanti digunakan untuk dirubah menjadi energi listrik.

Pihak kebun binatang mengatakan bahwa langkah mereka ini tidak akan berhenti hanya sampai disini dan akan diteruskan ke tingkat yang lebih tinggi.

Paling tidak, kebun binatang ini menargetkan akan memperbesar skala pemanfaatan kotoran hewan ini agar bisa memasok sedikitnya 20 persen dari kebutuhan energinya seperti dikutip dari autoevolution, Kamis (29/3/2012).

http://oto.detik.com/read/2012/03/29/190025/1880572/1207/kotoran-gajah-bisa-jadi-sumber-energi-kendaraan?hlutama

Terima Kasih telah mabaca artikel GajahKendaraan di blog sederhana dan kesayangan anda semua Pemimpi Siang Rating 5.0

Comments
1 Comments

1 komentar:

Thank's infonya sobat, saya baru tau kalau ternyata kotoran gajah bisa jadi bahan bakar juga

Posting Komentar