Selasa, 05 Februari 2013

gowes gowes

dijaman modern yang serba cepat ini semua orang pengen segala sesuatu yang praktis,cepat,singkat dan efisien sehingga memunculkan teknologi yang membuat manusia modern cenderung malas. Orang akan malas berjalan kaki,bersepeda ontel dan cenderung memilih naik motor atau mobil saat berpergian baik dekat maupun jauh. Hal itu memang lebih praktis dan singkat namun hal ini justru yang menyebabkan masalah baru berupa kemacetan jalan karena banyaknya kendaraan dan polusi yang diakibatkan oleh gas buang kendaraan tersebut.



Pemanasan global bukan lagi menjadi isu tapi memang menjadi ancaman nyata di masa depan. Singkat cerita kalau pemanasan ini berlanjut dan terus menerus terjadi bencana besar mengancam bumi dimasa depan. Banyak penyakit baru yang muncul,bumi akan jadi panas,es kutub mencair sehingga permukaan laut meningkat dan beberapa kota di dunia terncam tenggelam. Perlu ada upaya nyata yang mengurangi atau memperlamabat terjadinya pemanasan global. Di beberapa kota sering diadakan car free day setiap akhir pekan namun menurut saya itu hanya pepesan kosong yang tak berarti dan tak ada gunanya. Di tempat car freeday memang dilarang menggunanakan kendaraan bermotor dan hanya boleh bersepeda dan jalan kaki.Sehingga tempat itu seperti dibuat sebagai tempat wisata dadakan dimana banyak orang berkumpul dan berjualan disana. Orang2 justru berbondong2 kesana menggunakan kendaraan bermotor masing2 untuk sekedar berkumpul dengan kerabat atau keluarga dan pedagang yang berjualan. Sehingga car freeday yang harusnya dibuat untuk mengurangi dampak pemanasan global malah menjadi ladang masalah baru. Orang2 akan berbondong2 ke car freeday menggunakan kendaraan bermotor=gas buang kendaraan meningkat. Orang2 yang berkumpul mengundang pedagang buat berjualan dimana akan membuat masalah baru=masyarakat akan konsumtif dan menghasilkan sampah di tempat car freeday. Dan masih banyak lagi masalah ybaru yan muncul karena car freeday.

Jadi menurut saya untuk membuat perubahan harus dimulai dari diri sendiri, hal kecil seperti berjalan kaki atau naik sepeda saat mau pergi dekat, mengurangi pemakaian AC, tidak boros menggunakan kertas, membuang sampah pada tempatnya dsb itu lebih baik daripada melakukan hal besar tapi kosong. Kalau setiap pribadi memiliki rasa tanggung jawab tersebut bukan  tidak mungkin pemanasan global bisa di perlambat bahkan di hentikan...









Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar